[NEWS] 130405 JYJ “Konser Tokyo Dome Adalah Permulaan, Bukan Akhir”

30000258580

Q: Pertama-tama, tolong ceritakan perasaan kalian sebelum konser.

Kim Junsu: Aku merasa terhormat bisa berada di sini untuk menggelar konser setelah 3 tahun. Tiga tahun yang lalu, aku merasakan sesuaru yang spesial ketika melakukan konser di sini pertama kali sebagai JYJ. Kali ini – kami mengadakan konser lagi di Tokyo Dome – merupakan saat yang lebih spesial daripada (konser) yang telah kami lakukan (sebelumnya). (mengadakan konser di Tokyo Dome lagi) memakan waktu yang lebih lama dari perkiraan. Jadi kami melakukan yang terbaik sehingga kami bisa menyelesaikan konser dengan baik tanpa penyesalan.

Kim Jaejoong: Kami khawatir kursi-kursi di konser tidak terisi, tapi banyak fans datang seperti kami tidak melakukan hiatus. Kami (kini) sadar bahwa fans mepercayai kami bahkan hingga saat ini. Dukungan dan semangat yang diberikan fans pada kami, tidak ada yang berubah seiring waktu tiga tahun.

Park Yoochun: Aku ingat kami dan staff menangis bersama setelah konser terakhir kami di Tokyo Dome. Saat itu kami tidak bisa membayangkan kalau (kami) membutuhkan waktu selama ini untuk kembali ke Tokyo Dome. Kurasa kami tidak menunggu waktu berlalu dengan diam saja. Kami JYJ telah bekerja begitu keras. Sekarang – melupakan waktu penantian itu, kami sangat bahagia bisa menemui fans dengan senyuman. Selama bertahun-tahun kami mengalami naik-turun – kami tidak ada di TV dan hilang dari surat kabar, kami bahkan mengalami halangan untuk mengadakan konser. Konser ini seperti comeback untuk memulai kembali pekerjaan kami.

Q: Tolong ceritakan makna konser ini bagi masing-masing member

KJJ: Terus terang, konser [Dome] terakhir itu merupakan dimulainya JYJ. Kami tidak pernah membayangkan bahwa itu adalah akhir kerja kami di Jepang. Sebenarnya separo masa sejak debut kami habiskan bekerja di Jepang. Karena itu, Jepang adalah rumah kedua bagi JYJ, dan kami bahkan merilis lagu lebih banyak di sini daripada di Korea. Jadi kami merasa sedih ketika kami tidak bisa bekerja di sini. Kalau dipikir-pikir, menghalangi kerja kami di Korea dan Jepang telah membuat kami lebih dewasa secara mental dan banyak sisi lainnya. Sejak saat itu, kami merasa berterimakasih atas hal-hal kecil [yang kami terima] . Sebenarnya, sangat wajar bagi kami dulu tampil di TV, tapi kami sekarang merasa senang meskipun tidak bisa muncul di radio untuk beberapa lama. Kami bisa menyadari bahwa semua yang kami nikmati tidak datang dengan begitu saja. Tiga tahun terakhir kami kerja kami seperti di musikal, drama dan film menjadi batu loncatan dari dimulai kerja kami [sebagai JYJ] . Konser ini bukan berarti akhir, ini adalah permulaan.

Q: Meski sudah lama tidak muncul kalian tetap saja populer. Apa rahasianya?

KJJ: Kami juga terkejut ketika kami tampil di konser ini. Tiga tahun itu cukup lama, tapi juga cukup singkat. Menunggu masa depan yang tidak pasti itu tidak mudah, bahkan bagi keluarga dan teman-teman. Kami berterimakasih pada fans yang telah menunggu dan mendukung masa depan kami. Kami percaya pada fans dan kami menanti mereka. Aku percaya konser ini bisa dilakukan karena kami percaya stau sama lain.

Q: Apa yang kalian harapkan dari pekerjaan kalian di Jepang di masa depan? What will you expect from your work in Japan for the future?

PYC: Aku harap konser ini bisa menjadi permulaan dimulainya kembali pekerjaan kami di Jepang. Tentu saja masalah di sekitar kami masih akan terus ada. Tapi kami tidak pernah berhanti danbekerja lebih keras ketika menemui rintangan yang menghalangi kerja kami. Kami tidak akan mempedulikan mereka. Karena kami bekerja keras, semua staff di perusahaan kami juga bekerja lebih keras. Kami bekerja lebih keras ketika kami mepunyai peluang meski kecil.

Q: Melihat cue-sheet konser ini, ada banyak solo. Bagaimana pemilihan lagu kali ini?

KJJ: Ketika absen [sebagai JYJ], Junsu dan aku merilis album solo. Ada banyak perbedaan di konser ini melalui penampilan solo. Yoochun menunjukkan sisi barunya melalui lagu baru. Kami memilih lagu-lagu favorit kami. Kami menyuguhkan bermacam genre seperti R&B, hip-hop, ballad, rock dan electronics. Selain itu juga ada banyak lagu berbahasa Jepang. Kami ingin menyanyikan lagu-lagu berbahasa Jepang untuk fans Jepang karena sudah lama [kami tidak menyanyi dalam bhs Jepang] .

Q: Jaejoong, apa alasan memilih “Glamororus Sky”?

KJJ: lagu itu ditulis oleh Hyde (vokalis of L’Arc en Ciel) yang juga favoritku. Junsu merekomendasikannya padaku.

Q: Junsu, kenapa memilih ”Minna Sora no Shita”?

KJS: Aku mendengar lagu ini 4 tahun yang lalu. Saat itu kami mengalami banyak perubahan dan berada dalam masa sulit. Kami merasa terobati dengan lirik lagu yang dinyanyikan Ayaka ini. Jadi lagu ini yang langsung mucnul dalam pikiranku ketika aku memilih lagu Jepang yang akan dinyayikan. Di lagu ini terdapat sebuah cerita yang ingin kami sampaikan pada fans Jepang yang tidak bisa kami temui selama tiga tahun.

Q: Untuk kalian bertiga, Desember ini akan menjadi sepuluh tahun sejak debut, termasuk saat bersama TVXQ. Bagaimana perasaan kalian?

KJS: Aku siswa SMA tahun kedua, 10 tahun yang lalu. Aku ingat kami debut untuk menyanyi bersama Britney Spears saat itu. Dan sekarang aku berumur 28. Jujur saja, aku tidak percaya sudah 10 tahun, kami mengalami saat-saat bahagia maupun buruk, tapi aku merasa aku telah menjalani hidup yang orang-orang belum pernah rasakan, karena aku mengalami banyak hal sebagai penyanyi. Sudah 10 tahun sejak kami debut, jadi kami akan maju hingga 20 tahun. Sebenarnya aku bermain bola sangat keras supaya aku tidak merasa lelah [menjaga kebugaran] . stamina sangat penting bagi seorang pria.

Q: Kami dengar kalian akan menyanyikan “Rainy Blue” yang pernah kalian nyanyikan ketika masih bersama TVXQ. Kurasa itu sangat spesial bagi kalian.

KJJ: Sebenarnya kami tidak ingin menyanyikan lagu ini – JYJ. Alasan mengapa kami menyanyikan lagu ini adalah kami ingin memikirkan memori yang kami punya ketika menggelar konser di Tokyo Dome. Ada kenangan berharga dalam lagu itu untuk memori masa lalu.

Q: Kapan saat paling bahagia dan saat paling berat dalam 4 tahun terakhir bekerja sebagai JYJ?

KJJ: Akhir-akhir ini, saat bahagia adalah ketika kau memeriksa jumlah audience di konser ini. Saat ini ada banyak penyanyi. Kami pikir orang akan melupakan kami karena lama tidak tampil, tapi kami bersyukur mereka tidak lupa.

Q: Apa tujuan kalian di masa depan?

PYC: Kami tidak meninginkan lebih sekarang. Tujuan utama kami adalah berkerja untuk waktu yang lama sebagai JYJ, bukan untuk mencari uang atau peopularitas.

Source: TenAsia via Naver
Translation Credit: Min @theyoungestmin (pkmsue)
Edited and Shared by: JYJ3

Indonesian translation: Shandy@JYJIndonesia