[NEWS] JYJ Junsu Bicara tentang Akhir Pertarungan Hukum dengan SM

20121129_junsu_lawsuit

JYJ Junsu berbicara tentang pemikirannya mengenai akhir pertarungan hukum melawan SM Entertainment.

Junsu menghadiri konferensi pers di Hotel Sheraton di Essen, Jerman sebagai akhir dari rangkaian tur dunianya. Ia berkata, “Pertarungan hukum ini berlangsung selama 3 tahun 4 bulan. Jujur saja (aku merasa), itu seharusnya bisa selesai lebih awal… Tapi di waktu yang sama aku juga merasa hasil ini keluar begitu tiba-tiba. Mengalami kesulitan selama 3 tahun 4 bulan, aku merasa masa itu tidak berlalu dengan sia-sia… Aku mendengar berita ini ketika sedang dalam perjalanan ke Jerman, jadi aku tidak tahu semua detil penyelesaiannya.”

Ia melanjutkan, “Karena itu, sulit mengatakan banyak hal tentang ini. Yang penting adalah kami berhasil mendapat hasil yang begus. Aku belum berbicara dengan para member yang lain, tapi aku ingin (berbicara) ketika kembali ke Korea.”

Ketika ditanya apa yang diperoleh JYJ dari penyelesaian (kasus) ini, ia menjawab, “Aku senang bukan karena kami memperoleh apa yang JYJ atau kami ingin capai, tapi karena kami mungkin telah membantu junior-junior kami. Kurasa kami telah membantu membuat linkungan lebih baik bagi para junior. Kontrak 13, 10 tahun telah berubah menjadi kontrak dasar, dan bahkan hal ini saja sudah menjadi penghiburan kami di pertarungan hukum yang kami hadapi sendirian ini. Inilah yang membuat kami terus maju.”

Mengenai masalah tampil di variety show, ia berkata dengan hati-hati, “Jika hasil seperti ini memungkinkan kami tampil di TV, ini sudah terjadi tiga tahun lalu sejak kami melakukan gugatan (untuk menjadi independen). Ia menambahkan, “Aku tidak tahu apakah memungkinkan bagi kami untuk tampil di variety show melalui hasil (kesepakatan) ini. Kami selalu bermimpi tentang itu, tapi aku ingin bertanya pada kalian para reporter, apa kami bisa (tampil di TV)?

Salah satu hasil yang patut disayangkan dari gugatan ini adalah kemungkinan tidak adanya TVXQ dengan 5 member di masa depan. Mengenai hal ini, ia berkata, “Waktu telah lama berlalu, tapi satu hal yang patut disesalkan adalah bahwa kami tidak lagi bisa melakukan aktifitas di bawah nama TVXQ lagi. Kami ingin berjuang melawan ketidakadilan perusahaan, bukan kami ingin meninggalkan TVXQ. Tapi itulah yang harus terjadi. Ini menyedihkan. Aku merasa kasihan pada fans, tapi nama TVXQ akan tinggal selamanya. Tapi secara realistis, akan sulit beraktifitas sebagai TVXQ lagi.”

Source: NewsenEng ver by Allkpop

Indonesian trans: Shandy@JYJIndonesia