[Ekslusif] Wawancara Bersama Jaejoong, Artis Terbaik Pertengahan Tahun Pertama 2012 Oleh KpopStarz

“Terima kasih banyak atas cinta yang kalian berikan. Aku harus mengatakan ini untuk mengungkapkan rasa beryukurku. Aku sangat ingin bertemu kalian semua dalam kondisi lebih baik. Aku akan bekerja sangat keras untukmenjadi musisi dan aktor yang lebih baik. Tolong terus ungkapkan cinta kalian. Aku mencintai kalian semua.”

PART 1 – Kilas Balik 2012

Q. Bagaimana rasanya terpilih sebagai Artis Terbaik di pertengahan tahun pertama 2012 oleh KpopStarz, Media Amerika?

Jaejoong: Pertama, aku ingin mengucapkan terima kasih. Aku berkesempatan untuk menyapa fans melalui tur dunia tahun lalu. Sekali lagi aku merasa disana sangat banyak fans dari berbagai Negara yang mencintai kami. Menerima penghargaan ini, saya dapat merasakan cinta itu lagi.

Q. Apa yang menjadi momen tidak terlupakan sejauh ini pada tahun 2012?

Jaejoong: Tur Dunia aku katakan sebagai salah satu momen tidak terlupakan. Aku mendapatkan kesan yang sangat baik bagaimana kami begitu dicintai.  Nyatanya, sekarang adalah salah satu moment tak terlupakan karena sebuah penghargaan berharga diberikan kepadaku. Aku harap besok aka ada lagi momen tak terlupakan lainnya seperti ini.

Q. Kamu mengadakan Meet & Greet dengan fans tahun ini di Taiwan dan Turki. Dan Musim ini ada JYJ Fan Exibition. Bagaimana pengalaman ini bagimu? Adakah moment tak terlupakan di dalamnya?

Jaejoong: Aku telah mengunjungi Taiwan beberapa kali sebelum Meet & Greet, tetapi itu adalah pertama kalinya aku mengunjungi Turki. Aku sangat terkejut begitu banyak fans disana dan melihat betapa banyaknya mereka disana. Aku tidak tahu bahasa mereka tetapi banyak dari mereka dapat berbicara Korea. Aku teringat perkataan—“tidak ada batasan dalam cinta”. Aku sangat tersentuh dengan hadiah  yang mereka siapkan untukku. Sebagaimana lagu-lagu Korea, mereka dapat mengingat dan menyanyikannya bersamaku dengan lengkap.

PART 2 – JYJ

Q. Kapan terakhir kali 3 anggota JYJ bersama? Apa yang kalian lakukan?

Jaejoong:  kami tidak memiliki waktu yang cukup untuk pergi bersama belakangan ini. Junsu memiliki tur dunia, aku syuting drama dan film pada waktu yang sama. Walaupun tidak ada kesempatan bertemu, kami bertemu bersama saat syuting iklan sebuah game baru-baru ini.

Kami juga pergi ke Amerika selama 2 minggu untuk liburan dan kerja. Sangat menyenangkan.

Aku tidak berpikir ada kegiatan khusus yang kami lakukan. Biasanya ketika kami bertemu, ada yang harus kami lakukan. Sangat menyenangkan karena obrolan kami tidak biasa. Anggota JYJ sangat lucu. 2 minggu tidaklah cukup bagi kami untuk pergi bersama karena begitu banyak cerita yang ingin kami bagi. Kami sangat senang dapat berkumpul bersama. Aku memiliki harapan besar untuk keesokannya karena kami akan bertemua lagi dalam syuting iklan lainnya.

Q. Seberapa besar artinya Junsu dan Yoochun bagimu?

Jaejoong: Junsu? Dia adalah pria tertampan di dunia. Itu bercanda. Akankah dia merasa marah ketika aku katakan itu bercanda? Dia tampan, tetapi kamu mengerti apa maksudku kan? Junsu dan yoochun layaknya seperti keluarga bagiku. Dalam beberapa hal, hubungan kami lebih dekat dari pada keluarga dimana kami tidak perlu kata-kata untuk berkomunikasi satu sama lain. Aku baru saja bertemu Junsu sebelumnya di toko kami. Tidaklah aneh melihatnya walau sudah lama aku tidak bertemu dengannya. Karena kami adalah keluarga, tidak perlu lagi untuk berakata “apa kabar?” karena kami sangat dekat satu sama lain.

Q. Di tengah kesulitan dalam promosi setelah menjadi sebuah grup baru, apa kekuatan JYJ?

Jaejoong:  Kekuatan JYJ? Aku paling tua tetapi aku pikir JYJ adalah tim dimana tidak butuh sebuah konsep adanya pemimpin dalam grup. Ada saatnya Junsu memimpin grup, kadang pula yoochun yang mengambil peran pemimpin. Ada pula saatnya aku yang memimpin.

Aku pikir kepemimpinan dalam grup kami terdistribusi dengan sangat baik. Anggota saling memimpin dengan kekuatan masing-masing. Mereka bahkan membagi kelemahan juga. Aku rasa anggota seperti ini adalah sumber kekuatan JYJ menjadi lebih kuat.

PART 3 – Kehidupan Bermusik

Q. Apa mimpimu ketika masih anak-anak? Apakah  menjadi penyanyi dan berkeliling dunia dalam tur?

Jaejoong: aku tidak menyangka. Masa anak-anak aku bermimpi untuk memiliki supermarket. Aku juga ingin menjadi penata rambut. Tetapi aku telah menjadi penyanyi dan aktor. Aku tidak menyangka akan mendapat cinta sebesar ini dari fans seluruh dunia. Aku sangat berterimakasih dapat bertemu anggota JYJ. Aku sangat senang kami dapat menciptakan musik yang kami cintai.

Q. Apa nilai lebih menjadi seorang penyanyi dari pada profesi lainnya? Kapan kamu merasa bahagia dengan menjadi seorang penyanyi?

Jaejoong:  tidak perlu kata-kata. Aku sangat senang dengan segalanya. Aku senang menjadi penyanyi, aku dapat menciptakan musik yang aku inginkan. Aku sangat senang tampil di panggung, berbagi kenangan dengan anggota JYJ yang memiliki rasa dan pemikiran yang sama.

Q. Lagu apa yang sering kamu dengar belakangan ini? Siapa yang paling mempengaruhi musikmu?

Jaejoong: aku banyak mendengarkan musik dari piano  mungkin tidak sesuai dengan image ku, tetapi aku mencoba untuk mendengarkan musik yang menenangkan daripada musik keras karena aku lebih banyak menghabiskan waktu sendiri di rumah belakangan ini. Aku sangat menyukai Jay Holiday. Aku mendengarkan musiknya kapanpun aku memiliki waktu. Ketika dulu aku masih muda, aku menyukai musik dari BoyzII Men dan R.Kelly. mereka mempengaruhiku secara musikal. Aku juga dipengaruhi oleh grup Jepang, Gasperats. Aku juga sangat menyukai Kubota Toshinobu. Aku tidak tahu apakah dia masih bermusik apa tidak.

Q. Adakah artis yang ingin kamu ajak berkolaborasi? Dan kenapa?

Jaejoong: aku memiliki banyak artis yang ingin aku ajak, sulit untuk memilihnya. Aku pikir aku pernah menyebutkannya sebelumnya..Beyonce, aku sangat ingin bertemu dengannya langsung dan bekerja sama dengannya. Apapun jenis musik yang aku bawakan untuknya, dia akan dapat membuatnya menjadi musik yang bagus.

Q. 15 tahun ke depan, kamu melihat dirimu akan menjadi apa?

Jaejoong: aku akan menjadi “om” pada usia itu. Aku akan mencoba menikmati hidup dengan berjiwa muda. Aku akan melanjutkan karirku sebagai penyanyi dan aktor karena aku akan lebih berpengalaman daripada aku yang sekarang. Aku akan menantang diriku sendiri dalam banyak bidang profesi baru, walaupun telah berusia, aku tetap bertemu banyak orang baru.

PART 4 – PERSONAL

Q. apa yang kamu lakukan saat senggang? Ada rekomendasi hobi yang bagus?

Jaejoong: aku lagi menikmati naik gunung. Aku pikir ini sangat bagus. Kamu tidak perlu pergi sendiri, kamu bisa pergi dengan orang lain. Jika kamu pergi dengan teman-temanmu, hubugan pertemanan akan menjadi lebih kuat. Jika kamu pergi dengan orang yang kamu cintai, hubungan akan berkembang lebih dekat karena kamu akan saling menarik dan mendorong saat naik gunung. Bagus pula untuk kesehatan. Aku sangat menyarankan untuk pergi hiking.

Aku juga banyak bersepeda belakangan ini. Aku selalu bersepeda sendirian. Jika lari kamu mungkin akan bosan, tetapi bersepeda tidak membosankan. Bersepeda juga membantumu berolahraga.

Q.  Jika kamu kembali ke masa SMA, apa yang paling ingin kamu lakukan?

Jaejoong: aku akan menikmari kehidupan normal dengan teman-temanku daripada fokus mengejar impianku. Tetapi aku pikir itu tidak akan bisa, karena mimpi itu sangat berarti bagiku.

Q. Jika lampu ajaib memberikanmu 3 permintaan, apa yang permintaamu?

 Jaejoong: pertama, aku ingin menciptakan jalur pesawat langsung dari Korea Selatan ke Amerika  Selatan. Perjalanan terakhirku ke Amerika Selatan sangat sulit. Akan lebih menyenangkan dengan jalur yang langsug. Jadi JYJ dapat pergi ke Amerika Selatan lebih sering dan lebih banyak. Orang-orang dari Amerika Selatan juga dapat datang ke Korea Selatan lebih mudah.

Kedua, aku ingin hidup sampai 200 tahun. Bukan berarti aku menjadi 200 tahun, tetapi 1 tahun menjadi seperti setengah tahun. Aku berpikir bahwa waktu hidup kita terlalu pendek. Waktu berjalan begitu cepat tetapi masih banyak yang ingin aku lakukan.

Ketiga, aku harap banyak jumlah bencana alam berkurang. Angin topan sudah menguguncang Korea Selatan 3 kali bulan ini, dan orang-orang menjadi kesusahan karenanya. Aku harap kejadian alam seperti itu dapat hilang.

PART 5 – Pendapat Mengenai Isu

Q. Sekarang sepertinya Psy telah membukan pintu K-Pop ke Amerika, apa pemikiranmu mengenai fenomena Psy ini? Apakah kamu berpikir ini menguntungkan Hallyu lain?

Jaejoong: aku pikir Psy sangat hebat. Ketika aku melihat aktifitasnya di Amerika, aku merasakan dia sangat keren dan menginspirasi. Aku katakan ini pada diriku sendiri. Dia selalu jujur saat berbicara, dia tidak pernah meng-kopi musik orang lain. Dia bukan orang yang menciptakan musik hanya demi sekedar mencari keuntungan. Aku pikir musiknya adalah buah pikirannya dan gayanya yang menjadinya begitu meledak di Amerika. Kepopulerannya tidak hanya terbatas di Amerika, tetapi di seluruh dunia. Aku pikir gayanya dan kepribadiannya memikat orang-orang di seluruh dunia. Musiknya juga begitu memiliki daya tarik tersendiri.

Melalui artis Korea yang satu ini, orang lain akan memiliki kesempatan untuk mendengarkan musik K-Pop lainnya, yang mana dapat menjadi kekuatan musisi junior lainnya. Aku pikir ini akan menjadi kesempatan yang bagus bagi artis Korea lainnya.

Q. Sejauh mana menurutmu K-pop akan berlanjut? Apa langkah selanjutnya yang K-Pop butuhkan agar terus melanjutkan sensasi atau melebarkan sayap lebih jauh?

Jaejoong: aku pikir, kami butuh bekerja keras. Akan butuh waktu lebih. Kami akan butuh waktu untuk menunjukkan kerja keras kami, mencoba genre yang berbeda-beda. Aku harap artis di Korea tidak akan terhenti pada 1 genre saja. Aku harap semua dapat melanjutkan dan menantang diri mereka dalam banyak hal baru dan pergi mencapi puncak dunia. Itu butuh waktu bukan?

PART 6 – Ucapan Salam

Q. Ada kabar baru film, drama atau album di waktu terdekat ini?

Jaejoong: aku mencari kesempatan untuk tampil di drama baru. Film “Jackal Is Coming” akan rilis November ini. Kami masih bekerja untuk menyelesaikan bagian akhir film ini ketika promosi berlangsung . Aku juga mencari film lain karena aku ingin.

Q. Terakhir, akankah kamu menyapa semua pembaca KpopStarz di Amerika dan Dunia?

Jaejoong: terima kasih banyak atas cinta yang kalian berikan, aku harus mengatakan ini untuk mengungkapkan rasa syukurku. Aku sangat ingin bertemu kalian semua dalam kondisi yang lebih bagus lagi. Aku akan bekerja sangat keras untuk menjadi musisi dan aktor yang lebih baik. Tolong terus ungkapkan cinta kalian.

Aku mencintai kalian semua. Terima kasih. Oh…aku sangat malu.

Source : KpopStarz
Photo Credit : C-JeS Entertainment
Shared by: JYJ Indonesia

http://www.kpopstarz.com/articles/14926/20121001/jyj-jaejoong-interview-best-artist-for-the-first-half-of-2012.htm
trans: tiffani (edited by Tuti)