[TRANS] 120906 Xia Junsu, K-pop idol: “Fans di Chile Sangat Bersemangat”

Musisi yang telah berkunjung ke Chili dengan grup JYJ ini akan mempersembahkan penampilan solonya pada tanggal 10 September di Caupolican Theatre. “Korean pop adalah musik yang sangat energik dan sensual” kata penyanyi ini kepada LaNacion.cl.

Xia Junsu adalah salah satu komponen terbaik dari K-pop, telah menginjakkan kaki ke Chili bersama JYJ pada bulan Maret 2012 ini. Pada waktu itu, dia disambut kegilaan warga lokal yang biasa disebut dengan‘calcetineras‘ yaitu orang-orang yang menghabiskan waktunya di bandara, hotel dan konser dimana grup asia itu akan hadir.

Penyanyi itu kembali ke Chili untuk mempersembahkan penampilannya sebagai artis solo pada tanggal 10 September di Ceupolican Theatre. Dari Korea sendiri dia telah membuat sebuah agenda interview kepada Nacion.cl mengenai musiknya dan hubungannya dengan fans Korea.

Q. Kamu pernah datang ke Chile sekali. Pernahkah kamu mendengarkan musik Chile?

A. Ya, aku telah berkunjung ke Chile dan Chile adalah negara yang sangat indah. Semua orang sangat ramah dan suasana show disana merupakan yang terbaik yang pernah saya rasakan seumur hidup saya. Saya sangat senang dapat kembali. Mengenai musik Chile, sebenarnya aku tidak memiliki waktu yang cukup untuk benar-benar mendengarkannya. Bagaimanapun ketika aku di Chile, setiap waktu aku habiskan waktu di dalam mobil mendengarkan radio. Musiknya masih tertinggal di ingatan. Musiknya sangat berirama dan melodinya begitu bagus. Pada kunjunganku berikutnya aku akan mencoba untuk menikmati lebih banyak lagi budaya Chile.

Q. Bagaimana pendapatmu mengenai fans Chile dan ketertarikan mereka pada budaya Korea?

A. Aku sangat berterima kasih kepada fan Chile. Walaupun Korea sangat jauh dari negara mereka, fan Chile adalah fan paling bersemangat diantara fan yang pernah ada dalam mendengarkan musikku dan memikirkan diriku. Itu sangat mengejutkan dan aku merasa sangat berterima kasih. Sebalikanya, aku mereasa memiliki rasa tanggung jawab karena mereka melihat image Korea melalui diriku, jadi aku ingin melakukan yang terbaik untuk menunjukkannya.

Q. Sekarang kamu terlibat di proses mana? Lirik, musik baru? apakah ada projek baru?

A. Pertama-tama, aku ingin menyelesaikan World Tour dengan sukses. Aku menyukai tantangan dan ingin mencoba banyak hal baru, aku akan mencoba untuk meneliti lirik dan musik baru.

Q. Berkat jejaring sosial, Budaya korea begitu populer sekarang. Menurut kamu apa perbedaan antara K-pop dan genre lain di seluruh dunia?

A. Sangat sulit untuk menjelaskan K-pop dalam satu kata. K-pop telah menjadi global, berkat Youtube, sekarang banyak sekali idols. Aku piker fan di seluruh dunia mencintai tampilan yang memikat, sensual dan bergaya. Jika K-pop artinya adalah Korean Pop dan bukan apa yang telah aku jelaskan, orang korea adalah orang-orang yang menyukai music. Aku pikir benar adanya di dalam budaya korea, dimana orang mencintai banyak music dan tarian. Itulah mengapa kami memiliki banyak musisi yang bagus. Genrenya juga sangat bervariasi, tidak hanya music tari tetapi juga hip hop, rock, R&B dan music tradisional korea. Tiap waktu akan ada lebih banyak musisi yang menciptakan lirik mereka sendiri. Tetapi jika kamu menanyakanku apa yang menjadi rahasia kekuatan K-pop, jawabanku adalah ‘passion’ (hasrat/gairah). Musik kpop adalah musik yang energik dan sensual.

Q. Apakah kamu pernah berpikir untuk merilis lagu dan video dalam bahasa Spanyol?

A. Sungguh aku ingin. Nyatanya, aku telah berbincang serius dengan member untuk membuat album di Amerika Latin. Aku belum tau kapan tetapi aku ingin melakukannya di masa yang akan datang. Jika aku melakukannya, aku akan memakan waktu agak lama karena aku harus mengetahui bahasa dan budaya agar dapat memahami lirik dan menyanyikan lagunya dengan baik seperti yang telah aku lakukan pada lagu bahasa Jepang dan Inggris.

Q. Apa ada yang ingin kamu lakukan di Chile yang mana belum kamu lakukan pada kunjungan lalu?

A. Jika aku memiliki kesempatan, aku ingin ke pantai dan menikmati seafood dengan staffku, yang telah bekerja keras di Chile. Dan meskipun aku tidak bisa minum, aku ingin mengunjungi beberapa toko wine.

Xia Junsu di Caupolican Theatre
Tanggal: 10 September 2012, pukul 09.00 PM
Tiket dijual melalui system Feriaticket dengan harga:
General: $16.000 (in advance)/$20.000
Cancha: $35.000 (in advance)/ $40.000
VIP: $60.000 (in advance)/ $65.000

Credit: La Nación 
Translated by: Junmoshi of JYJ3
Shared By: JYJ3
Indonesian trans: Tiffani, edited by Shandy@JYJIndonesia