K-Pop Review: Uncommitted by XIA Junsu

Dari pada mempromosikan dirinya dengan tarian, dia menggunakan kemampuannya yang paling kuat, suaranya, untuk melangkahkan kakinya ke pintu…

Uncommitted adalah single berbahasa inggris pertama Junsu JYJ yang dirilis tepat sebelum ia memulai world tour, yang mana ia mulai di USA.

Ini adalah music yang bagus! Gaya musiknya berbeda khususnya bila dibandingkan dengan Tarantallegra, tetapi ini sebenarnya sungguh standar seorang Junsu.

Mengenai subjek dan music video yang keasliannya datang dari lagu ini, cukup lucu untuk mendengarkan Junsu menyebutkan dirinya sebagai seorang ‘player’. Dan setelah melihatnya bertahun-tahun sungguh sulit melihatnya seperti itu.

Di video kita melihat Junsu di club, dengan wanita yang berbeda, minum-minum dan begitu hidup, ini adalah hal baru baginya. Sebagai solo artis ini sangat berbeda dari pekerjaannya yang sebelumnya dan bahkan memiliki transformasi yang lebih besar dari Tarantallegra. Orang-orang mengeluh single inggrisnya terlalu ‘Engrish’ (T/N maksudnya, logatnya masih sangat kental), tetapi lagu ini sungguh bagus dan dapat dinikmati. Apa yang ingin dia sampaikan tidaklah susah untuk dimengerti. Bagaimanapun orang-orang tidak begitu mengenal K-pop mungkin akan sulit menerima “Engrish”.

Rute C-Jes & Junsu yang diambil dalam memasuki musik asing yang lebih dikhususkan pada industry Amerika, cukup baik. XIA tidak hanya diumumkan secara resmi debut di Amerika, tetapi dengan lagu ini Amerika juga sebagai bagian dari rangkaian World Tournya sebagai contoh yang ia tawarkan.

Junsu begitu menonjol dengan Uncommitted. Ini adalah usaha pertama yang ia lakukan untuk fan internasionalnya, dan fan Amerika melihat dirinya begitu menonjol diantara banyaknya usaha Kpop lainnya. Dari pada ia mempromosikan dirinya dengan tarian, dia menggunakan kemampuan paling kuatnya, suaranya, untuk melangkahkan kakinya ke pintu dimana akan menarik banyak penonton kepadanya.

Lagu ini adalah pilihan yang bagus bagi Junsu yang akan membuat pijakan sebagai solo artis diluar Asia.

 

Credit: KpopStarz
Indonesian trans: Tiffani, edited by Shandy@JYJIndonesia