[NEWS] 120831 JYJ Junsu (Xia) Melumerkan hati para penggemar di kota New York dengan kekuatan vokal dan aksi panggungnya

“Junsu”, “Junsu”, “Junsu”, panggil para kerumunan fans, di Hammerstein Ballroom di kota New York. Xia, yang juga dikenal sebagai Junsu, duduk diam diatas singgasana diatas panggung sambil memperhatikan kerumunan tersebut. Sudah separo konser berjalan dari pemberhentian pertama Tur Dunia –nya. Para kerumunan lanjut memanggil dan meneriakkan namanya, menginginkan lebih. Xia yang sudah menampilkan sekitar 10 lagu, kebanyakan dari album barunya Tarantallegra, dengan tenang menanggapi semuanya. Kerumunan tersebut sudah jatuh cinta kepadanya.

Pada permulaan show, Xia yang diangkat keatas panggung dengan menggunakan sebuah papan pengungkit, memakai kostum berwarna biru dipadu dengan sepatu boots panjang berwarna hitam. Dia memulai dengan tampilan kuat, dengan lagu pertama dari album barunya, berjudul “Breath”. “Breath” adalah lagu bertema urban pop dengan ritme yang kuat, dimana Xia dan para penari latar terlihat bergerak secara serempak, nyaris tanpa cela.

Mengikuti “Breath”, Junsu melambatkan tempo dengan lagu berikutnya “No Gain,” “Lullaby”, dan “Intoxication”, semuanya berasal dari album barunya Tarantallegra. Kebanyakan dari lirik dan musik dari album tersebut diciptakan dan di aransemen oleh Junsu. Junsu menunjukkan beberapa kreativitasnya yang cemerlang yang kadang tidak banyak terlihat diatas panggung. Sebuah cermin berpanel tiga ditempatkan diatas panggung selama pertunjukan ‘Intoxication’, menciptakan bayangan Junsu menjadi 4 kali banyaknya. Cermin mungkin telah membantu sedikit, tapi orang-orang sudah terhipnotis dengan nyanyian dan tarian bahkan sebelumnya.

Selama lebih dari satu jam Junsu menampilkan bakat musikalnya yang tak terbatas. Menyanyi dan menarikan lagu-lagu bertema urban pop, kemudian mengalir ke lagu-lagu bertema R&B, dan diakhiri dengan lagu balada yang penuh dengan emosi. Junsu juga memberikan sedikit tampilan dari musikalnya “Elisabeth” yang merupakan inspirasi dari album solo barunya.

“You had me at hello!” Ok, mungkin kerumunan fans tidak benar-benar memberi respon seperti itu saat Xia memperkenalkan dirinya pertama kali dengan mengatakan “hi”. Tetapi dengan teriakan yang memenuhi udara saja sudah pasti merupakan jawaban mereka. Konser mengambil suasana intim dan menciptakan interaksi pribadi antara Xia dan para penggemar. “Pogoshipoyo” diteriakan seorang penggemar dari pinggir panggung. Xia langsung melihatnya dan berkata “Saya juga kangen kamu”. Tidak cukup hanya itu, Xia jg memberikan tiga permintaan yang bisa diajukan penggemar kepadanya.

Salah satu dari permintaan datang dari seorang penggemar perempuan bernama Brittany, dan dia meminta Xia untuk bernyanyi untuknya. “Kamu mau saya nyanyi lagu apa?” Xia bertanya, “Lagu apa saja pilihanmu” jawab Brittany, menggodanya. Kemudian Xia menyanyikan lagu Whitney Houston “Greatest Love of All” dengan cara acapella. Tidak ada instrumen yang mengiringi, hanya vokal saja. Nyanyian acapella ini membuat penonton hening karena terkesima. Setelah satu bait, Xia berbagi dengan penggemarnya dengan mengatakan bahwa ia sering menyanyikan lagu tersebut saat SMP.

Tidak terbantahkan bahwa Junsu memiliki kekuatan vokal yang luar biasa sepanjang malam itu. Sebelum konser, para penggemar ditanya apa yang paling menonjol dari Junsu, dan mereka menjawab Kekuatan vokal dan keindahan suaranya. Dan selama konser Xia sama sekali tidak mengecewakan para penggemar setianya yang jauh-jauh datang dari Jepang dan Texas. Dia bernyanyi sepanjang konser dengan getaran suara yang membahana, persis seperti yang didengar oleh salah satu penggemar dari Texas saat mendengarnya berlatih sebelum konser.

Daya tarik Xia memang luar biasa. Kisaran umur para penonton konser mulai dari remaja hingga nenek-nenek. Bahkan lebih jauh lagi jika kita perhatikan ke sekeliling, banyak penggemar telah berpengalaman turut bernyanyi bersamanya, terutama lagu-lagu balada. Kebanyakan para wanita berpengalaman ini berasal dari Cina dan Jepang. Dan mereka sudah mengenal Xia sejak awal bergabung dalam group Tong Vfan Xien Qi atau Tohosinki, tergantung dari penyebutan Cina atau Jepang. Walaupun pada akhirnya group tersebut memutuskan untuk berpisah, tetapi para penggemar ini tetap setia menjadi fans Xia karena talentanya yang luar biasa sebagai seorang artis, penari dan penulis lagu.

Saat konser solo Junsu diluar Asia mendekati akhir, ia memberi penonton tontonan spesial dari video musik terbarunya ‘Uncommitted’. Kemudian ia naik keatas panggung untuk memberikan penonton momen yang patut diingat, untuk pertama kalinya ia menampilkan Uncommitted secara langsung kepada mereka. Para penonton mengikuti setiap kata dan lagu.

Sehari sebelumnya, setelah konferensi pers di Double Tree Suites, salah seorang yang dikabarkan terlibat langsung saat produksi Uncommitted, bernama Niddy, mengekspresikan kekagumannya terhadap Xia. Dia menyimpulkan bahwa satu hal yang menonjol saat bekerjasama dengan Xia adalah etos kerja dan dedikasinya terhadap kesempurnaan. Dia menambahkan lebih lanjut bagaimana ia menghargai budaya Korea, khususnya yang berkaitan dengan interaksi dan pengabdian kepada satu sama lain.

“Sampai berjumpa lagi”. Xia mengatakan kepada para penggemar tercintanya, dengan sedikit nada sedih. Rasanya dua jam berlangsung dengan sangat cepat. Xia telah meninggalkan sepotong hatinya diatas panggung malam ini. Dia akan meneruskan konser pertama dari Tur Dunia-nya di Los Angeles California pada tanggal 2 September 2012 di Hollywood Palladium, dan kemudian Mexico pada tanggal 6 September 2012, Brazil pada 8 September 2012 dan terakhir adalah Chile di 10 September 2012.

written by: JohnO@kpopstarz.com / www.goodmomusic.com
Credit: kpopstarz
Shared by: JYJ Indonesia

Indonesian trans: Tuti Handayani