[NEWS] 120831 Tur Dunia Kim Junsu di New York: “Aku sudah melihat secercah harapan dan masa depan.”

“Aku sudah melihat secercah harapan dan masa depan.”

JYJ Kim Junsu (XIA) yang memulai kegiatan sebagai penyanyi solo pergi melampaui tur Asia dan mulai mengadakan konser eksklusif di AS, Amerika Selatan dan Eropa.

Sebelum memulai tur dunia-nya sebagai penyanyi solo di New York pada 30 Agustus, Kim Junsu mengadakan konferensi pers untuk bertemu dengan wartawan Korea dan Amerika di sebuah hotel yang terletak di Manhattan, New York pada tanggal 29 Agustus (waktu setempat).

Meskipun ia segera memulai tur dunia setelah final konser di Hongkong pada 26 Agustus yang berarti mengakhiri tur Asia di 6 negara termasuk Korea, ia tampil percaya diri dan tidak ada tanda-tanda kelelahan sama sekali. Dalam kegiatan solo pertamanya, ia telah memikat penggemar dalam dan luar negeri dengan citra androgini, tapi dia tertawa dan berkata, Ini adalah maksud saya dan saya senang mendengar bahwa saya terlihat gay tapi aku bukan gay.”

Sebelum tur Asia, Mei lalu, ia merilis album solo pertamanya “Tarantallegra” dan untuk Tur Dunia, single pertamanya bahasa Inggris-nya disebut “Uncommitted” telah dijual.

World Tour dimulai di New York pada 30 Agustus, terus ke LA pada 2 September, Mexico city di Sept 6, Sao Paolo – Brasil di Sept 8, Santiago – Chile pada 10 September, kemudian direncanakan akan dilanjutkan pada bulan Oktober di negara-negara seperti Eropa Paris – Perancis dll. Selanjutnya, berikut adalah Q & A dengan penyanyi solo Kim Junsu.

 

– Apa yang anda pikirkan ketika memulai Tur Dunia segera setelah menyelesaikan Tur Asia?

Saya telah banyak melakukan Tur Asia tapi ini adalah Tur Asia pertama saya sendiri. Awalnya saya sangat khawatir dan prihatin tetapi ketika tampil di Hong Kong, pikiranku kembali pada waktu pertama ketika aku mengumpulkan keberanianku. Karena tidak ada kegiatan siaran apapun, merilis bukan satu tapi full album adalah beban besar dan merilis album penuh untuk konser saya juga memberi saya tekanan. Di tengah banyak kekhawatiran, saya mengumpulkan keberanian, merilis album saya dan saya telah menerima cinta lebih banyak daripada yang saya pikir. Daripada mengatakan saya mendapat hasil kerja saya dari konser, saya justru lebih melihat secercah harapan dan gambaran masa depan saya. Tahun 2012 terasa seperti mimpi dan itu adalah tahun yang signifikan dalam seluruh hidupku. Mulai dari tur dunia saya di New York, saya akan melakukan yang terbaik dan bertanggung jawab sebagai wakil dari Korea dan Asia yang mendapat kesempatan untuk mengadakan konser di Amerika Serikat dan bahkan di Amerika Selatan.

– Apa perbedaan antara Tur Asia dan Tur Dunia anda?

 Tidak ada perbedaan besar. Karena ini adalah tur Dunia, saya akan menyanyikan judul lagu “Uncommitted” dari single bahasa Inggris saya di New York. Format dasarnya sama tetapi ini merupakan perpanjangan dari tur solo pertama saya

– Anda juga akan menyanyikan lagu-lagu musikal di konser New  York. Musikal apa yang Anda lihat kemarin di New York?

Lagu musikal yang akan saya nyanyikan asalnya berbahasa Jerman tetapi saya akan menyanyikannya kedalam bahasa Korea. Kemarin, saya menonton pertunjukan musikal ‘Spider Man’ untuk pertama kalinya di US. Sangat indah.

– Selama Tur Asia, anda selalu mengganti warna rambut untuk setiap negara

Banyak yang  meragukan saya dan itu juga sangat melelahkan tapi aku sangat bertekad untuk melakukannya. Setelah mewarnai rambut saya untuk 2 negara, akan terlihat seperti saya kurang setia jika saya berhenti mengubah warna rambut saya. Bersedia untuk setia dan melakukan yang terbaik untuk setiap konser, aku mengecat rambutku dengan warna simbolis dari negara masing-masing dan itu menyenangkan. Karena kami terus merekam video untuk setiap konser sehingga ketika melihat warna rambut saya, saya bisa membedakan dari negara mana konser itu. Merah adalah untuk China, biru untuk Indonesia, ungu untuk Hong Kong dan kuning untuk Thailand. Saya baru saja memotong rambut sehingga rambut saya pendek dan sekarang di bawah perawatan. Haha

– Anda saat ini menjalankan Tur Dunia segera setelah Tur Asia selesai. Apakah anda memiliki kekhawatiran mengenai kondisi fisik anda?

Sama sekali tidak. Dibanding dulu, saya merasa lebih santai dan saya mengatur jadwal dengan sangat baik. Saya telah beradaptasi selama Tur Asia jadi saya sama sekali tidak khawatir. Yang sedikit saya khawatirkan adalah adanya perbedaan waktu namun karena konsernya hanya berlangsung selama 2 jam, saya rasa tidak masalah.

– Apakah anggota JYJ lainnya memberikan suport mereka terhadap Tur Dunia anda?

Mereka mengucapkan selamat kepada saya. Kami saling memberi support dan memberi selamat satu sama lain setiap kali kami bekerja dalam drama, musikal ataupun konser. Saya sangat bersyukur untuk dua anggota lainnya.

– Anda tampil di video musik untuk singel berbahasa Inggris sebagai seorang playboy dengan dua model wanita.

Meskipun bukan sebuah video musik dengan sebuah cerita lengkap, tetapi pemotongan gambar dan ceritanya sangat harmonis. Sangat menyenangkan dan menarik untuk bisa berakting sebagai bad boy. Ini adalah pertama kalinya saya bekerja dengan sutradara video musik Amerika dan semua staf yang juga Amerika. Saya juga merasa sedikit tertekan untuk berakting dengan model Amerika untuk pertama kalinya tetapi staf mengatakan kepada saya untuk berakting secara alami dan memberi saya saran disana sini sementara kami sedang syuting. Saya pikir editingnya juga sangat baik. Faktor dramatis semacam itu tidak dapat dilihat di panggung secara langsung tapi saya akan menampilkan koreografi yang cocok dengan tempo R & B karena “Uncommitted” adalah sebuah lagu Urban Pop.

– Tampilan di “Uncommitted” juga digunakan dengan sangat baik. Apakah anda pernah berpikir tentang kolaborasi?

Pada awalnya, saya tidak ingin mengubah apa pun di luar panduan. Jika ada terlalu banyak faktor Korea di dalamnya, maka hal itu akan menghilangkan tujuan saya dalam merilis single ini jadi saya tidak ingin mengubah apa pun. Saya juga mencoba untuk keluar sedikit dari gaya bernyanyi saya saat menyanyikan lagu. Saya sangat suka suara komposer Automatic jadi saya pikir itu akan cocok untuk menggunakan suaranya di bagian rap atau narasi. Lagu ini mencerahkan, tidak begitu berat dan mirip dengan balada tetapi memiliki ritme jadi saya menyanyikannya dengan cara yang dapat menghidupkan kembali perasaan yang ingin ditampilkan. Demi memberikan rasa live performance kedalam lagu tersebut, aku melepas headset saya dan bernyanyi dengan mikrofon di tangan saya. Lagu “Tarantallegra” dalam album lengkap saya adalah lagu untuk dilihat tapi “Uncommitted” adalah sebuah lagu untuk didengarkan jadi saya memilihnya sebagai judul lagu.

Model dalam video musik anda semuanya cantik. Apakah mereka dekat dengan tipe ideal anda?  

Saya tidak memiliki tipe ideal dari segi penampilan. 2 model tersebut datang dengan banyak aktor tambahan lainnya. Orang yang muncul di adegan akhir adalah model Rumania-Korea dan dia dipilih oleh agen saya

– Penjualan untuk albumnya juga baik (150.000 copies) dan Anda juga penyanyi solo pria pertama dari Korea yang memiliki tur Dunia yang mencakup Asia, AS, Amerika Selatan dan bahkan Eropa.

Melakukan segala sesuatu sendiri sungguh berat. Ketika direktur agensi saya memintaku untuk mengadakan tur Dunia di Amerika Selatan dan Eropa dengan album solo saya, saya agak ragu. Saya sangat khawatir dan bahkan berpikir untuk berakting dalam drama. Tahun lalu adalah dilema bagi saya. Jika saya ingin memiliki kegiatan di TV, saya harus memilih drama, tapi saya lebih percaya diri dengan menyanyi dan menari diatas panggung. Banyak yang saya pikirkan dan saya juga punya harga diri, saya ingin album yang akan saya rilis hasilnya bagus  tetapi saya juga khawatir apakah baik apabila berinvestasi disini. Agensi saya mengatakan mereka akan berinvestasi tapi justru saya yang khawatir. Saya ingin album yang bagus, tetapi saya lebih memilih untuk tidak merilisnya jika saya menyelesaikan kegiatan solo dan tak seorangpun tahu kapan jadwal rilisnya. Ketika saya berada ditengah-tengah latihan untuk musikal “Elizabeth” direktur agensiku datang kepada saya dengan membawa peran utama dalam sebuah drama dan kamipun berbicara. Sementara berbicara tentang apakah saya harus mengambil peran dalam drama ini atau tidak, tiba-tiba keinginan untuk merilis abum, tentang mengambil risikonya memenuhi hati saya. Bernyanyi adalah apa bisa saya lakukan dengan sangat percaya diri jadi saya ingin melakukan sesuatu dimana aku yakin bisa melakukannya dan karena dua anggota (JYJ) lainnya telah berakting dengan sangat baik sehingga lebih sulit bagi saya untuk memulai dengan bidang yang sama. Aku bertanya kepada direkturku bagaimana jika aku membuat album dan aku akan mencobanya walaupun nantinya akan berakhir gagal. Ini bukan era dimana saya hanya bisa bergantung pada media broadcast seperti sebelumnya, semua orang dari seluruh dunia dapat dengan mudah mengakses ke situs online seperti Youtube jadi meskipun saya tidak bisa muncul di tv, situasinya tidak seburuk seperti sebelumnya. Pertama, saya berbicara tentang konsep video musik saya. Karena saya merilis album tetapi tidak dapat menunjukkan isinya melalui bernyanyi di panggung secara langsung atau siaran jadi saya menempatkan taruhan besar pada video musiknya Saya bersyukur kepada agensi saya yang langsung setuju untuk menginvestasikan jumlah yang 3 kali lebih besar dari apa yang seorang penyanyi populer butuhkan dan saya juga senang bahwa hasilnya juga baik.

– Anda telah bertransformasi kedalam citra androgini

Fans luar negeri menyukainya dan beberapa juga menyebutnya dengan istilah ‘gay’. Sebagai seorang artis, hal ini cocok dengan niat saya untuk menunjukkan citra androgini dan saya senang mendengarnya. Namun, saya ingin menjelaskan bahwa saya bukan gay.

– Anda menerima pujian dari Bruce Automatic, komposer yang bekerjasama dengan anda dalam pengerjaan album singel, dan juga dari sutradara video musik Marc Klasfeld, dsb. Apakah anda merasa kemungkinan untuk mengguncang pusat musik pop sebagai penyanyi dari Korea?

Daripada memikirkan kemungkinan itu, menurutku lebih penting untuk menanamkan kedalam pikiran semangat untuk melakukan yang terbaik dan menunjukkan lebih dari 100% dari kemampuan saya di atas panggung. Jika saya berpikir tentang seberapa sukses hasilnya nanti kemudian melanjutkan kegiatan saya, itu akan benar-benar melelahkan jadi aku hanya berusaha sambil menikmatinya. Sekarang, saya senang untuk menjalankan kegiatan untuk konser saya jadi saya bekerja dengan keinginan untuk melakukan yang terbaik. Karena staf populer Amerika seperti komposer Automatic memberikan pujian, saya akan bekerja lebih keras lagi.

– Apa penilaian anda terhadap Tur Asia anda sendiri?

Walaupun saya tidak bisa tampil di tv, saya melihat harapan bahwa saya sanggup untuk lebih dekat dengan fans di luar negeri. Saya sangat terkejut ketika mengetahui video musik saya menempati posisi pertama di Chili atau tangga lagu di Jerman. Saya juga melihat tanda cahaya ketika saya disebut “Vokalis Junsu”. Kemampuan seorang vokalis ketika bekerja sebagai trio dan ketika bekerja sendiri sangat berbeda. Saya telah menemukan ciri khas-ku sendiri sebagai XIA dan setelah berpikir bagaimana saya akan mengekspresikan musik saya ini adalah kesempatan saya untuk menunjukkan ciri khas unik saya. Karena saat ini saya tergabung kedalam sebuah tim ini sudah menjadi beban dan karena alasan ini pula, saya harus menunjukkan musik yang lebih berbeda. Melalui album ‘XIA’, saya menyiapkan album selanjutnya dan akhirnya aku menemukan jalanku sendiri. Daripada fokus pada hasil, album ini dimana saya bisa melihat harapan, mengambil kesempatan, dan mengumpulkan keberanian untuk mengeluarkan album berikutnya.

– Apakah ada tempat lain yang ingin anda datangi pada Tur Dunia kali ini?

Saya belum pernah ke – Africa. Haha. Ada 3 negara di Amerika Selatan pada tur ini tapi saat ini, penggemar dari Argentina dan Peru menginginkan konser ini diadakan di negara mereka sendiri. Bagaimanapun, karena masalah jadwal dan hal lainnya, saya tidak bisa pergi kesana jadi saya merasa kecewa. Saya ingin pergi ke banyak negara, atau bahkan Africa, dimasa yang akan datang. Khususnya, saya merasa buruk bahwa banyak penggemar dari Peru yang telah menunggu begitu lama dikecewakan. Jika saya terus menerus mengadakan konser dimasa yang akan datang, saya akan datang ke negara-negara yang belum pernah saya kunjungi.

– Bagaimana dengan rencana masa depan?

Drama adalah bidang yang ingin aku tantang suatu hari nanti. Saya akan siap kapanpun jika nanti ada drama yang cocok untuk saya. Saya pikir saya akan teratur menjalankan aktivitas JYJ tahun depan. Ada acara-acara besar maupun kecil sebagai JYJ sekarang, tapi kami akan melakukan kegiatan penuh sebagai JYJ tahun depan.

 

Source: SportsSeoul via Nate
Translation CreditXIAworld
Shared by: JYJ3 + JYJ Indonesia

Indonesian trans: Tuti Handayani@JYJ Indonesia