[TRANS] Wawancara dengan Rafa Mendez (Koreografer JYJ untuk Tur Eropa 2011)

Wawancara dengan Rafa Mendez, koreografer dan penari bergengsi secara internasional dan di Spanyol. Pada Oktober 2011, dia bertanggung jawab atas koreografi JYJ di tur Eropa mereka. Sekarang dengan kembalinya Xiah Junsu dengan “Tarantallegra” beberapa minggu lalu, kami ingin menanyakan pendapatnya mengenai lagu tsb, gelombang KPOP di negara kami dan perluasannya secara global serta pengalamannya di tur JYJ.

Pertama-tama, terima kasih banyak telah menerima permintaan kami, Rafa!!

Pertanyaan ke-1:
Bagaimana ceritanya kamu bisa bertanggung jawab atas tur Eropa JYJ? Apakah kamu mengetahui soal KPOP ketika kamu menerima pekerjaan itu?

Yang memanggilku adalah sponsor yang membawa JYJ ke Spanyol, dikarenakan oleh pekerjaanku di “Fama” dan [pekerjaanku] dengan artis lainnya, dan aku rasa aku cocok untuk pekerjaan itu. Dan begitulah ceritanya, kerja kami bagus dan tim penari yang aku sediakan MENGAGUMKAN.

Pertanyaan ke-2:
Adakah cerita lucu saat kamu bersama JYJ yang patut didengar?

Ada beberapa, tetapi yang aku tidak akan pernah bisa lupakan adalah detail: sebelum setiap konser, JYJ datang ke ruang ganti untuk berkomunikasi dengan para penari, memeluk mereka dan mengirimkan semua energi serta mood yang bagus ke mereka. Dan hal yang sama juga terjadi pada saat akhir konser. Aku hanya bisa mengatakan bahwa mereka orang yang profesional dan berasal dari asuhan yang sangat bagus.

Photobucket

Pertanyaan ke-4:
Apa pendapatmu mengenai style JYJ? Katanya mereka adalah tiga suara terbaik Korea Selatan, apa pendapatmu mengenai tampilan mereka di panggung?

Aku rasa mereka ‘MENGAGUMKAN’, gaya tarian mereka itu sangat pribadi [t/n: gaya tarian mereka sangat orisinil atau sesuai dengan kepribadian mereka] dan itu sangat penting, mereka dapat menyanyi dengan sangat baik dan mereka juga aktor yang baik, masing-masing dari mereka memiliki banyak ‘perasaan’ dan itu berperan banyak.

Pertanyaan ke-5:

Junsu baru-baru ini merilis lagu solo “Tarantallegra”. Sudahkah kamu menyaksikannya? Apa pendapatmu?

Aku rasa [lagu nya] hebat, berani, koreografi yang hebat, penampilan yang hebat, dan dia mengagumkan. Jika aku, aku akan membuatnya sedikit lebih berani lagi, hanya sedikit, tapi itu hebat, sebuah perubahan yang besar.

Pertanyaan ke-6:
Apakah kamu mau melakukannya lagi dengan JYJ atau dengan grup KPOP lain? Kenapa?

Tentu saja iya, karena pengalamannya dan karena mereka adalah orang-orang yang profesional di mana orang bisa merasa nyaman ketika bersama mereka.

Pertanyaan ke-9:

Junsu (Xiah) diumumkan akan mengadakan tur dunia solo dan dia akan datang ke Eropa. Kami mengetahui bahwa kamu menyadari hal itu bahkan membantu fans di twitter untuk meminta konser di Spanyol; Apakah kamu mengetahui hal lain mengenai konser ini? Apakah kamu akan ikut berpartisipasi?

Aku belum mendapat berita, tetapi aku bisa bilang ada banyak perasaan cocok di antara kami dan aku tidak akan ragu-ragu untuk bekerja sama lagi. Dan seperti yang sudah banyak ditanya orang sebelumnya (ini twitterku @rafamendezzzz), album baru Junsu sangat mirip dengan style ku…

(pertanyaan tak terkait JYJ dipotong)

CREDIT:
Original interview by: Korean Dream Blog
Interviewer: Nana_Oppa
English Translation: @lovinmjj
Please take out with full credits.

Shared By: JYJ3

Indonesian Trans: Mira @JYJIndonesia