[VIDEO + TRANS] MTV Taiwan: Konser Solo Junsu, Konferensi Pers, dan Fan Support

[TRANS]
[Ringkasan dari Konferensi pers + wawancara dari fans]

JYJ Junsu datang ke Taiwan sendirian untuk mengadakan konser solo, dan dia tampil dengan rambut berwarna perak untuk konferensi pers. Dia bahkan sedikit menunjukkan kemampuan Bahasa Mandarin dengan mengatakan “Hi semuanya, saya Xia Junsu.” Junsu yang sangat merindukan makanan Taiwan berkata “Enak!” dalam Bahasa Mandarin ketika dia mencicipi bakpao, kue nanas, teh tarik dan ayam goreng.

Pembawa acaranya bercanda dengan mengatakan bahwa judul “Tarantallegra” sangat sulit untuk diucapkan dan bahkan menantang Junsu untuk mengucapkannya. Ketika menjelaskan arti dari judul tsb, Junsu berkata: “Kata tsb adalah mantra yang membuat orang menari dengan sangat cepat. Artinya aku telah melemparkan mantra ke penonton.” Selama konferensi pers, Junsu dan MC banyak membicarakan soal albumnya. Mengenai kesan wanita di musik video, Junsu bahkan berkata bahwa dia rasa dia terlihat cantik: “Sejujurnya, ketika aku pertama kali memutuskan untuk berpakaian seperti perempuan, aku sangat khawatir. Aku mempertimbangkan apakah aku harus membuat diriku terlihat sangat feminim, tetapi di saat yang bersamaa, aku khawatir itu [t/n: berpakaian seperti perempuan] membuat penonton menjadi merasa tidak nyaman. Jadi, menurutku, staff bekerja keras agar membuat aku terlihat feminim tetapi tidak canggung, yang membuat prosesnya tidak terasa buruk. Sejujurnya, itu jauh lebih baik dari yang aku pikir.”

Ketika berbicara soal pakaiannya yang terbuka dan menunjukkan badannya selama musik video, Junsu berkomentar, “Sebenarnya aku tidak pernah syuting seperti ini sebelumnya. Dan sejujurnya, awalnya pakaian tersebut bagian atasnya tertutup, tetapi [ketika syuting] udaranya menjadi terlalu panas setelah beberapa kali pengambilan gambar, jadi aku membuka [kancing baju] ketika menyaksikan film yang sudah direkam. Lalu direktur melihatku, dan bertanya jika aku mau syuting dengan baju bagian atas terbuka. Tetapi masalahnya aku tidak pernah terlalu berlatih [t/n: work out], jadi aku khawatir apakah aku haru menampilkan badanku atau tidak. Tetapi setelah beberapa kali uji coba, ternyata hasilnya bagus.”

Junsu juga berkata bahwa terkadang dia merasa kesepian selama aktivitas solo, tetapi dia masih beradaptasi, “Tentu saja, ketika aku sendirian di hotel, aku akan merasa sedikit bosan daripada kesepian karena anggota yang lain tidak datang. Kami biasanya main bersama ketika kami di hotel, tapi secara pribadi, sendirian juga memberikan aku waktu untuk diriku sendiri untuk mendengarkan lagu dan merenung.” Berpegang teguh terhadap ideologinya dalam musik, Junsu datang ke Taiwan untuk mengadakan tur solo. Tidak hanya tiketnya terjual dalam satu jam, dia juga menarik lebih dari 300 fans untuk menyambutnya di bandara. Tambahan lagi, ada juga fans dari negara lain datang ke Taiwan untuk mendukung Junsu:

“Aku sangat suka JYJ Junsu. Ini (memegang es krim cone yang dibuat dari kain) adalah souvenir dukungan yang aku buat sendiri. Belakangan ini berat Junsu turun, dan aku merasa dia bekerja sangat keras, jadi aku membuat dekorasi yang terlihat seperti makanan penutup untuk dia.”
– Sayumi dari Jepang

Fans: 
“Oppa, saranghaeyo~”
“Xia Junsu, Fighting!!”

Fans menyiapkan barang-barang seperti Polaroid untuk sesama fans agar berfoto dan mengirimkan foto mereka ke Junsu setelahnya. Tambahan lagi, fans menyelenggarakan teriakan support dan bunga dengan harapan agar Junsu merawat dirinya dan bertambah berat badan. Selama konser, Junsu menyapa fans dalam bahasa Mandarin, berkata “Hi semuanya, aku Xia, lama tidak berjumpa”. Melihat fans berteriak pada setiap perkataannya, Junsu tertawa dan berkata dalam bahasa Mandarin “Aku merindukan kalian semua!” yang menghasilkan respon lain; tertawa, Junsu membalas “Terima kasih!” dalam bahasa Mandarin.

Video Credit: CSJYJ02
English Translation Credit: g.fanns of JYJ3
Shared By: JYJ3

Indonesian Trans: Mira @JYJIndonesia