[INFO] Gugatan Hukum Antara SM Entertainment dan JYJ

Beberapa Perkembangan dari gugatan utama antara JYJ dan SM Entertainment

*Sebelum membaca, berikut ini adalah informasi dasar tentang kasus-kasus yang sekarang sedang berlangsung

Ada DUA kasus utama yang sedang diproses di pengadilan.

1. Gugatan untuk meninjau kembali “tidak validnya” kontrak eksklusif (=kasus no. 1)

Ini adalah kasus dimana ketiga member menggugat SM Entertainment untuk membatalkan kontrak yang tidak adil dan klaim ganti rugi

Para pengacara memperkirakan kasus utama ini akan  memakan waktu, jadi mereka mengajukan permintaan untuk membatalkan validitas kontrak eksklusif di tahun 2009 untuk memastikan kebebasan beraktifitas bagi ketiga member.

Seperti yang kita semua kita tahu, pengadilan memutuskan memihak JYJ dan memerintahkan: 1) berlakunya kontrak eksklusif antara JYJ dan SME akan dihentikan sementara hingga gugatan utama selesai, 2) ketiga member bebas melakukan aktifitas di dunia entertainment, 3) SME tidak bisa membuat kontrak apapun atas nama ketiga member tanpa persetujuan mereka, 4) SME tidak bisa mencampuri aktifitas ketiga member di dunia entertainment dalam bentuk apapun selama gugatan hukum berlangsung.

SME mengajukan keberatan atas perintah-perintah di atas, tapi ditolak oleh pengadilan.

SME juga mengajukan permohonan untuk menghapus kontrak eksklusif antara JYJ dan CJeS Entertainment, tapi ini juga ditolak oleh pengadilan karena pengadilan mengetahui bahwa JYJ membuat kontrak ini (dengan CJES) untuk menangani urusan manajemen sebagai sebuah agency dan tidak pernah membuat ‘kontrak eksklusif’ dengan CJES.

Pengadilan juga membuat ‘perintah tidak langsung’ bahwa SME tidak dibolehkan mencampuri aktifitas JYJ, dan diharuskan membayar denda 20 juta won tiap kali SME terbukti mencampuri aktifitas JYJ. (Jelas SME tidak begitu mempedulikan perintah ini. Ini juga alasan SME tidak pernah mengotori tangannya sendiri. SME melakukan perbuatan kotor mereka tidak secara resmi, melalui organisasi lain seperti KFPCAI).

Singkat kata, keputusan-keputusan pengadilan tsb memihak JYJ dan saat ini gugatan hukum utama (= kasus no. 1) sedang dalam proses di pengadilan Seoul Central District sebagai kasus sipil.

2. Gugatan hukum untuk memverifikasi “validitas” kontrak eksklusif

Ini adalah gugatan yang diajukan SME melawan ketiga member sebagai gugatan balik untuk mengeklaim bahwa kontrak eksklusif mereka tidak ada masalah dan ketiga member harus membayar ganti rugi kepada SME.

Karena kedua kasus mempunyai dokumen, saksi, dan detail-detail lain yang kurang lebih sama, pengadilan memutuskan untuk menangani kedua kasus bersamaan.

Seperti yang kita semua tahu, SME berusaha hampir dengan segala cara untuk menunda penyelesaian kasus-kasus tsb karena diprediksi mereka akan kalah.

Pada 15 Mei 2012, pemeriksaan kasus no. 2 (gugatan balik oleh SM) berakhir dan sekarang hanya kasus no. 1 (gugatan JYJ terhadap SM) yang berlangsung di pengadilan.

[note: detail tidak diketahui karena hanya informasi seperti tanggal yang terbuka untuk umum]

Jadi, situasi saat ini:

Gugatan balik oleh SME dan klaim ganti rugi SM melawan JYJ kini telah selesai.

Gugatan JYJ untuk menghapus kontrak eksklusif dan meminta ganti rugi pada SM masih berlangsung

Jika kontrak eksklusif ‘valid’ seperti yang dikatakan SM, klaim JYJ tentu saja tidak akan ada saat ini (T/N sudah dipatahkan, selesai)

Berdasarkan fakta bahwa saat ini hanya ada gugatan hukum oleh ketiga member dan tuntutan ganti rugi melawan SM, yang tentunya tidak akan berlangsung kalau kontraknya dianggap valid oleh pengadilan, sepertinya kontrak akan dihapus dan yang tersisa adalah pembicaraan antara JYJ dan SME mengenai ‘berapa banyak yang harus dibayar SME sebagai ganti rugi’.

Sayangnya hukum di Korea mempunyai Dreiinstanzen system**, dan sangat memungkinkan SME akan mengajukan pertimbangan kembali terhadap keputusan akhir sehingga mereka bisa menunda kasus ini selama mungkin.

Akhir dari proses hukum yang panjang ini segera datang dan beberapa rumor sepertinya disebarkan oleh beberapa orang, jadi aku hanya ingin mengklarifikasi fakta sebelum rumor-rumor itu terlalu jauh.

Pengadilan selanjutnya bulan Juni.

**Dreiinstanzen system: sistem yang memungkinkan orang diproses di persidangan 3 kali per kasus. (contoh: pertama di pengadilan distrik, kedua peninjauan kembali, ketiga di MA)

+++

keputusan kasus ‘gugatan  untuk memverifikasi tidak validnya kontrak’ akan diberikan pada 19 Juli

mungkin hampir semua tahu  tentang ini, tapi untuk menyimpulkan pengertian kalian, seperti yang aku tweet kemarin, pemeriksaan gugatan untuk ‘memverifikasi tidak validnya kontrak eksklusif’ (antara SME dan Jaejoong, Yuchun, Junsu) berakhir kemarin tanggal 19 Juni.

Berikut ini adalah jadwal dari website mahkamah agung menunjukkan bahwa semua pemeriksaan telah selesai, dan pengadilan Seoul Central District akan memberikan keputusan pada tanggal 19 Juli.

Aku secara pribadi pergi ke pengadilan kemarin untuk melihat proses di pengadilan, tapi itu tertutup untuk umum jadi aku tidak bisa masuk..

Hanya staff dan pengacara yang hadir.

Jika kamu melihat cerita-cerita beredar mengenai detail persidangan tsb, ITU BOHONG karena tidak satupun yang bisa masuk ruang sidang kecuali kedua pihak yang berperkara.

Akhirnya, gugatan hukum yang telah berlangsung tiga tahun hampir selesai.

Tahukah kamu kalau SME terkenal dengan kasus-kasusnya yang selalu kalah sejauh ini di Korea?

Seperti kasus-kasus lainnya dan dilihat dari keadaan dan keputusan-keputusan yang diberikan pengadilan sejauh ini, diprediksi ini akan menjadi kekalahan lagi bagi SME.

Namun ini hanya peradilan pertama di pengadilan distrik.

Hukum di Korea menganut Dreiinstanzen system**, sangat mungkin SME akan mengajukan pertimbangan kembali melawan keputusan akhir, seperti yang mereka lakukan pada artis-artis lain. Jangan lupa, mereka hanya tertarik pada ‘seberapa lama ini berlangsung’, bukan pada hasil yang sudah jelas kalah.

Mereka lupa – Nothing lasts forever.
**Dreiinstanzen system: sistem yang memungkinkan orang diproses di persidangan 3 kali per kasus. (contoh: pertama di pengadilan distrik, kedua peninjauan kembali, ketiga di MA)

Posting Credit : http://dedicatee.wordpress.com

**If you want move the post, you must give the credit and use the full contents.
Partial quotes or editing the contents are not allowed.  **

Indonesian trans: Shandy@JYJIndonesia