[NEWS] Kami Ingin Melihat JYJ Sebagai Penyanyi

우리는 ‘가수’ JYJ를 보고 싶다

Credit: Oh My Star, Reporter Bae Inkyu
Please click the link before you read the translation:
http://star.ohmynews.com/NWS_Web/OhmyStar/at_pg.aspx?CNTN_CD=A0001728705
English Trans @dlwpdldhkdlwp

JYJ Kim Junsu akan merilis album solo pertengahan Mei. JYJ adalah penyanyi wakil hallyu dan bintang yang ditunggu-tunggu fans. Selain itu, Kim Junsu telah memberikan kesan mendalam sebagai Tod di musikal Elisabeth pertengahan tahun pertama ini. Album solonya menarik perhatian tidak hanya di Korea, tapi juga luar negeri.

Tapi hingga saat ini belum diketahui apakah ia bisa tampil di acara musik di stasiun TV besar dengan album solonya ini. Mungkin karena inilah Kim Junsu mengadakan konser konser pertamanya di Jamsil Stadium Seoul pada 19 dan 20 Mei tepat setelah rilisnya album. Ia akan mengadakan tur Asia di enam kota, dimulai dari Thailand pada tanggal 27. Ia mengisi akhir pekannya, hari dimana acara musik ditayangkan, dengan konser.

Fans bersedih karena Music Bank berubah pikiran… Siapa yang harus bertanggung jawab?

Jika anda fan JYJ, anda pasti tahu bahwa mereka tidak bisa tampil di acara-acara hiburan di stasiun TV besar. Penampilan mereka dibatalkan secara mendadak bahkan setelah keputusan final, hingga tak terhitung banyaknya. Meskipun mereka telah terlahir kembali dengan nama JYJ setelah adanya konflik dengan SM Entertainment mengenai kontrak mereka sebagai TVXQ, mereka tidak pernah tampil di acara musik di bawah nama JYJ. Hanya ada satu JYJ yang menyanyi OST di penghargaan akhir tahun.

Pada bulan Mei 2011, KBS2 Music Bank menjawab pemirsa yang bertanya mengapa JYJ tidak diperbolehkan tampil (dengan jawaban) “Karena JYJ belum merilis album, JYJ tidak masuk perhitungan ranking. Ketika mereka merilis album, kru Music bank dan acara-acara lain akan mendiskusikan dan memutuskan (penampilannya).”

Namun jawaban itu berubah ketika mereka merilis album Korea yang pertama. Ketika fans menyuarakan keberatan mereka atas tidak munculnya  JYJ di chart Music Bank, pihak Music Bank membawa alasan mengenai gugatan hukum JYJ dengan mantan perusahaan mereka,  SM Entertainment. Music Bank merubah jawaban mereka denagn berkata “Meskipun situasi berubah dan mereka merilis album berbahasa Korea dan mendapat persetujuan pengadilan, gugatan hukum yang asli bersama SM Entertainment masih berlangsung. Keputusan kami bahwa kami tidak menampilkan entertainer yang sedang mengalami kasus hukum dan menunggu hingga keputusan akhir keluar tidak akan berubah.”

Menurut pemikiran Music Bank, bahkan jika Kim Junsu merilis album solo, ia tetap tidak bisa tampil karena ia JYJ. Meskipun album ini dibuat dengan sekuat tenaga, kesempatan untuk bertemu penggemar banyak berkurang karena kasus gugatan hukum yang terus melarut.

Sudah dua tahun sejak JYJ dibentuk… Kita ingin melihat JYJ, yang mengatasi penderitaan, di program musik.

JYJ tentunya mempunyai nilai tinggi sebagai bintang Hallyu (Korean Wave). Fakta bahwa mereka mengadakan World Tour di Asia, USA, Kanada di Amerika Utara, Spanyol dan Jerman di Eropa, serta Chile dan Peru di Amerika Selatan. Meskipun mereka tampil di televisi negara-negara tersebut, kita tidak bisa melihat mereka bertiga menyanyi di atas panggung di TV Korea. Kehausan [akan tampil di TV] karena pembatasan sebagai JYJ dipadamkan dengan aktivitas individu seperti drama, musikal, dst.

JYJ juga tidak bisa tampil di Jepang. Meskipun mereka mendapat peringkat tinggi di Oricon Chart selama era TVXQ, mereka menderita bahkan untuk merilis album dengan nama JYJ. Selama konser di Jepang dengan 80.000 orang pada 2011 Oktober mereka mengaku “mereka ingin bekerja di Jepang.” Kenapa mereka tidak memanggil JYJ ketika ada banyak orang menunggu JYJ bahkan di Jepang?

Mereka tidak pernah menyetir dalam keadaan mabuk tidak juga melakukan tabrak-lari, mereka tidak pernah melakukan kekerasan dan tidak juga menghisap marijuana. Mengapa JYJ, hanya karena mereka mengklaim hak mereka, harus menerima pemblokiran yang lebih parah daripada orang-orang yang menyebabkan masalah di masyarakat? JYJ hanya ingin orang untuk mendengar musik mereka melalui program musik seperti layaknya penyanyi lain. Mereka tidak menginginkan lebih dan kurang. Bahkan fans di seluruh dunia menginginkan ini.

Banyak fans yang ingin melihat JYJ sebagai penyanyi. Mereka meminta penampilan JYJ di program musik secara online dan offline; dan mempromosikan JYJ melalui bus dst. Mereka bahkan menyumbang atas nama JYJ. Meskipun banyak orang menginginkan JYJ, penampilan mereka di program musik masih tidak mungkin. Ini berbeda dari bintang K-pop yang dipromosikan dan diiklankan besar-besaran seolah-olah mereka telah ‘meningkatkan martabat nasional’  ketika mereka [JYJ] menerima popularitas besar di luar negeri.

Dapatkah kita melihat JYJ menyanyi di program musik dengan kesempatan dari perilisan Kim Junsu solo album? Sudah dua tahun semenjak mereka bekerja sebagai JYJ, sekarang inilah waktu bagi mereka untuk berdiri program musik meninggalkan penderitaan mereka.

Indonesian Trans: Mira + Shandy @ JYJIndonesia